Daftar Jurusan PPNS Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dan Program Studinya

PPNS atau Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya adalah perguruan tinggi negeri berbasis vokasional yang berada di Kota Surabaya, Jawa Timur. Lokasinya pun bersebelahan dengan kampus ITS (Institut Teknologi Surabaya).

Sebelum resmi berdiri mandiri dengan nama PPNS Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, awalnya berdiri dengan nama Politeknik Perkapalan Surabaya - ITS, dan pada tahun 1987 merupakan tahun pertama PPS - ITS menerima mahasiswa baru dengan Direktur Prof. Ir. Soegiono di bawah Fakultas Non Gelar Teknologi (FNGT) ITS.

Kemudian pada tahun 1995, berdasarkan Surat Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor B-703/1/1995, Politeknik Perkapalan Surabaya - ITS berubah nama menjadi Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya. Pada tahun 2014, berdasarkan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 6 Tahun 2014 dan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan RI No 42 Tahun 2014, Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya resmi berstatus mandiri sebagai perguruan tinggi.

Daftar Lengkap Jurusan dan Program Studi PPNS Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya

Daftar Jurusan PPNS Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dan Program Studinya


Bagi teman-teman yang berkeinginan melanjutkan pendidikan di PPNS Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya, sebaiknya sebelum melakukan pendaftaran, teman-teman semua mengetahui terlebih dahulu daftar jurusan dan program studi yang ada di PPNS agar bisa memilih jurusan sesuai dengan minat masing-masing.

Kemudian setelah menentukan minat jurusan yang ingin di daftarkan, hal selanjutnya yang tidak kalah penting adalah teman-teman bisa mempersiapkan diri untuk mengikuti seleksi penerimaan mahasiswa baru PPNS dengan mempelajari soal-soal seleksi tahun lalu. Untuk kumpulan soal seleksi UMPN (Ujian Masuk Politeknik Negeri), teman-teman bisa melihatnya dengan menekan tombol berikut ini.


Pada awal berdirinya sebagai Politeknik Perkapalan Surabaya - ITS, PPNS hanya menyelenggarakan beberapa program studi saja, namun saat ini PPNS sudah menyelenggarakan 3 jurusan dengan 14 program studi yang ada. Berikut ini Daftar Jurusan PPNS Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya dan Program Studinya.


1. Jurusan Teknik Bangunan Kapal

Program Studi D3 (Diploma III)
  • Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
  • Teknik Bangunan Kapal

Program Studi D4 (Diploma IV / Sarjana Terapan)
  • Teknik Perancangan dan Konstruksi Kapal
  • Teknik Pengelasan
  • Manajemen Bisnis Maritim

2. Teknik Permesinan Kapal

Program Studi D3 (Diploma III)
  • Teknik Permesinan Kapal

Program Studi D4 (Diploma IV / Sarjana Terapan)
  • Teknik Permesinan Kapal
  • Teknik Perpipaan
  • Teknik Desain dan Manufaktur
  • Teknik Keselamatan dan Kesehatan Kerja
  • Teknik Pengolahan Limbah

3. Teknik Kelistrikan Kapal

Program Studi D3 (Diploma III)
  • Teknik Kelistrikan Kapal

Program Studi D4 (Diploma IV / Sarjana Terapan)
  • Teknik Kelistrikan Kapal
  • Teknik Otomasi


Demikianlah informasi mengenai daftar jurusan dan program studi PPNS atau Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya yang bersumber dari situs resminya. Untuk informasi lainnya mengenai pendaftaran penerimaan mahasiswa baru di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya silakan langsung kunjungi saja websitenya di link ini https://ppns.ac.id/.

Itulah informasi yang bisa saya bagikan mengenai PPNS. Semoga dapat membantu dan dapat bermanfaat untuk teman-teman semua, saya ikut mendoakan semoga teman-teman bisa diterima di Politeknik Perkapalan Negeri Surabaya sesuai dengan jurusan yang diminati, aaaaaaamiiiiiiiiin :)
close
Aplikasi Soal Mentor UMPN